Selamat Datang

Terima kasih Atas kesediaan anda mengunjungi Blog kami

Komputer

Falak

MENGATASI PONSEL YANG TERENDAAM AIR

Sabtu, 19 September 2015

Hp terendam air bisa dibetulkan dengan beras

Mungkin anda pernah lupa HP anda tercuci atau terjatuh dalam air...?
pasti pertama kali anda akan panik, dan menyangka HP anda sudah rusak
tidak usah panik berikut ada tips untuk mengatasinya dan semoga hp yang anda miliki belum rusak, dan masih bisa dipakai kembali

Tipsnya :
  1. Segera matikan Hapenya.
  2. Cabut baterai, simcard, memori dan lap semua dengan kain kering, jangan digerakkan terlalu kasar. Jangan memakai hairdryer atau vacum cleaner. 
  3. Siapkan toples lalu isi beras hingga penuh.
  4. Masukkan body HP ke dalam beras dan tutup toples, simpan selama 24 jam atau lebih.
  5. Setelah semalaman disimpan coba pasang baterai dan coba nyalakan hape.
========================  
Alasannya  
========================

Lalu mengapa trik memendam dalam beras ini bisa berhasil?
Penjelasan yang paling memungkinkan adalah dengan memendam perangkat di dalam beras selama 24 jam, maka pengguna memberikan kesempatan agar perangkat bisa mengering secara alami; tentunya dengan catatan bahwa perangkat yang terendam masih sama sekali belum dinyalakan untuk menghindari korsleting. Setelah perangkat benar-benar didiamkan penuh selama 24 jam, maka butiran air yang menempel bisa benar-benar hilang, dan perangkat bisa kembali berfungsi seperti sedia kala. Mirip seperti cara kerja placebo effect bukan?

Anjuran untuk memendam perangkat dalam beras selama beberapa dekade telah digunakan untuk memastikan agar perangkat kamera dan film bisa tetap kering ketika dipakai di daerah tropis yang udaranya cenderung lembab. Ketika majalah Yankee Magazine menerbitkan artikel tentang pemeliharaan perangkat (termasuk kamera), trik ini kembali populer lantaran artikel menyebutkan bahwa beras merupakan pengganti yang sepadan untuk silica gel.

Artikel lain dari majalah Popular Photography juga lebih menganjurkan penggunaan silica gel, namun jika bahan tersebut tak bisa didapatkan, maka pengguna bisa menggantinya dengan teh, kertas coklat, ataupun beras.

Namun artikel tersebut juga memberikan catatan bahwa kapasitas bahan pengganti ini untuk menyerap kelembaban sangat rendah, jadi pengguna butuh masing-masing bahan tersebut dalam jumlah besar jika ingin mendapatkan efek setara dengan silica gel yang berjumlah sedikit.

Tahun 2014 lalu website Gazelle menjalankan sebuah ujicoba tak resmi untuk menguji apakah trik ini masih relevan, dan mencatat bahwa beras merupakan bahan yang kapasitas penyerapannya paling rendah. Selain silica gel, beberapa bahan lain yang memiliki kemampuan penyerapan kelembaban lebih baik ketimbang beras adalah:
- kotoran kucing (tapi Anda tak mungkin memakainya bukan?)
- couscous
- oatmeal (baik yang klasik maupun yang instan)

Selamat mencoba dan semoga berhasil

0 komentar:

Posting Komentar